Tips Membeli Laptop Bekas dengan Aman

By | Oktober 26, 2021

Kang Iponk, Tips membeli laptop bekas – Selain smartphone, laptop juga menjadi kebutuhan untuk bekerja saat ini. Tak heran jika para pekerja kantoran, anak sekolah, anak kulihan hingga freelance sangat membutuhkan komputer jinjing ini.

Tips Membeli Laptop Bekas
Tips Membeli Laptop Bekas

Namun, harga laptop baru yang sangat mahal terkadang membuat kita harus berpikir dua kali untuk membelinya. Oleh karena itu, membeli laptop bekas bisa menjadi opsi terbaik untuk bujet keuangan kita.

Di samping harganya yang dua kali lebih murah dan terjangkau, tentunya bujet yang lain bisa kita belanjakan untuk keperluan lainnya, semisal membeli printer maupun membeli proyektor.

Sebelum membeli laptop bekas Anda harus memperhatikan beberapa faktor, diantaranya adalah laptop jenis apa yang Anda butuhkan. Berikut ini adalah 5 jenis laptop sesuai fungsinya:

#Laptop gaming

Dilengkapi dengan kartu grafis canggih, RAM dan penyimpanan yang besar untuk memainkan game online maupun offline.

#Netbook

Disebut juga dengan laptop kecil yang diperuntukkan bagi yang hanya ingin browsing atau sekadar melakukan pekerjaan ringan seperti mengetik di Microsoft Word.

Ukuran serta bobotnya lebih kecil dari notebook dan juga baterainya bisa lebih tahan lama.

#Laptop konvensional

Laptop ini paling banyak ditemui di pasaran, memiliki layar 10 hingga 17 inci dengan spesifikasi yang cocok untuk mengoperasikan aplikasi ringan.

#Subnotebook

Didesain bagi yang mempunyai mobilitas tinggi karena bobot jenis ini hanya berkisar 0,8 hingga 1,8 kilogram saja, dan dilengkapi dengan baterai yang lebih tahan lama.

#Laptop hybrid

Laptop ini memiliki ciri khas dengan layar yang detachable atau bisa dilepas dan berubah fungsi menjadi tablet. Laptop jenis ini sangat cocok bagi pekerja yang mobile.

Tips Membeli Laptop Bekas yang Berkualitas

Jika Anda sudah mempertimbangkan fungsi dan jenis laptop di atas, Anda tinggal mengecek dengan cara-cara di bawah ini :

1. Cek Kondisi Laptop

Cek dengan betul kondisi komponen laptop, beberapa komponen penting yang harus dicek adalah :

  • Casing/body laptop
  • Layar dan LCD
  • Harddisk
  • Keyboard
  • Baterai dan charger
  • Wifi
  • Speaker
  • Socket USB

Atau Anda bisa mengecek dengan bantuan software ini, unduh dan ekstrak. Dengan software ini Anda bisa mengecek part laptop mulai dari baterai, led, keyboard, dan harddisk.

Selain itu tanyakan kepada si penjual apakah laptop sudah pernah servis mesin dan sebagainya.

2. Beli di Tempat yang Terpercaya

Agar Anda merasa aman dan nyaman dalam membeli laptop, usahakan untuk membeli di toko laptop yang kompeten. Karena biasanya dari pihak toko akan menawarkan garansi antara 2 minggu hingga 1 bulan.

Selain itu, Anda juga terhindar dari barang curian, karena pihak toko lebih selektif dalam membeli laptop bekas.

Atau Anda juga bisa membeli laptop bekas di e-commerce atau toko barang-barang elektronik yang terpercaya. Dengan membeli melalui e-commerce sangat praktis dan mudah, karena pembeli hanya perlu memilih dan membayarnya.

Anda hanya perlu melihat review dari orang yang sudah pernah membeli laptop bekas ditoko online tersebut. Jadi pastikan ada garansi dari pihak toko jika barang tidak sesuai deskripsi.

3. Riset Harga Laptop

Hal yang perlu diperhatikan saat membeli laptop bekas adalah harga pasaran/ kisaran laptop tersebut. Anda bisa mengeceknya melalui toko-toko online atau di grup jual beli di facebook atau yang lainnya.

Jangan sampai membeli laptop terlalu mahal atau terlalu murah, karena biasanya jika terlalu murah atau tidak sesuai pasaran dikhawatirkan laptop tersebut bermasalah.

Baca juga: Cara Memperbaikі Laptop atau Komputer yang Mati Tiba-tiba

Jadi pastikan dengan tips membeli laptop bekas di atas sebelum melakukan transaksi. Agar laptop yang dibeli bisa awet dan tahan lama, dan tentunya juga aman bukan barang curian. Semoga bermanfaat!