Jasa Service Printer di Bojonegoro

Jasa Service Printer di Bojonegoro

Kang Iponk, Jasa Service Printer di Bojonegoro – Tahukah Anda penyebab printer yang sering rusak? Artikel kali ini akan membahas tentang beberapa penyebab yang membuat printer cepat rusak dan cara mengatasinya. Lebih jelasnya Anda bisa baca artikel tentang penyebab printer cepat rusak dan cara mengatasinya dibawah ini hingga tuntas.

Jasa Service Printer di Bojonegoro
Jasa Service Printer di Bojonegoro

Printer termasuk alat yang paling penting di era digital saat ini bagi sebagian besar orang. Sehingga bila printer rusak, tentu bisa menghambat pekerjaan Anda. Bagi Anda yang sering menggunakan printer, perlu mengetahui apa saja penyebab printer Anda cepat rusak

Penyebab Printer Cepat Rusak

Ada banyak merek printer yang beredar saat ini, seperti Canon, Epson, HP Deskjet, dan lain sebagainya. Namun, secara garis besar, penyebab kerusakannya masih umum, yakni pada catridge dan printhead-nya.

Setelah mengetahui penyebabnya, Anda bisa melakukan perbaikan sesuai dengan jenis kerusakannya. Berikut ini adalah penyebab printer cepat rusak:

1. Sering kehabisan tinta

Jika Anda sering memaksa printer bekerja sedangkan tinta sudah habis, hal inilah yang bisa menyebabkan printer cepat rusak. Maka kemungkinan printhead akan rusak total dan tidak bisa digunakan lagi.

Sebaiknya sgera isi tinta printer jika tinta akan habis, jangan menunggu kehabisan tinta dulu. Jika printer menggunakan tinta dengan sistem infus (CISS) maka akan mudah sekali kita ketahui jika tinta akan habis.

2. Terlalu banyak mencetak

Biasanya ini sering terjadi di perkantoran, yakni mencetak dalam jumlah banyak tapi dilakukan sekaligus. Misal kita mencetak dalam jumlah ratusan halaman lalu praktiknya kita mencetak dalam sekali perintah print saja.

Kebiasaan ini adalah hal buruk yang harus kita hindari. Alasannya catridge printer bisa cepat panas sebagai pemicu kejadian penyumbatan permanen pada print head. Jika print head sudah tersumbat tentunya hasil cetak menjadi tidak maksimal lagi dan sangat sulit untuk diperbaiki kecuali dengan menggantinya dengan printhead yang baru.

Jika Anda ingin mencetak dalam jumlah banyak, sebaiknya jangan dilakukan sekaligus hanya dalam satu perintah print. Namun cetaklah secara bertahap, misal 20 lembar saja dalam sekali perintah print. Kemudian beri waktu sekitar 2 hingga 3 menit untuk print head isitirahat dan lanjutkan kembali mencetak, begitu seterusnya.

3. Printer lama tidak dipakai

Menyimpan printer terlalu lama dan tidak pernah dipakaitermasuk penyebab printer cepat rusak. Apalagi jika kita beranggapan bahwa jika menyimpan printer dalam waktu lama untuk tidak pernah dipakai agar printer awet itu salah besar.

Jika sebelumnya printer pernah digunakan kemudian disimpan tidak digunakan dalam waktu lama bisa terjadi pembekuan pada tinta yang terletak pada ujung catridge atau print head. Printer yang sudah pernah dipakai sebaiknya setiap hari terus gunakan printer untuk mencetak. Maksudnya baik agar printer awet namun ternyata salah kaprah.

Disarankan juga dalam setiap mencetak semua warna tinta digunakan. Kebiasaan mencetak warna hitam saja itu juga memberi peluang cepat rusak pada printhead warna. Jangan heran jika printer sudah lama tidak digunakan kemudian tidak bisa mencetak maksimal, penyebabnya karena ujung printhead terdapat tinta yang membeku pengaruh lama tidak dipakai.

4. Pengisian tinta pada printer kurang tepat

Kasus ini jarang sekali terjadi jika printer menggunakan sistem infus (CISS). Umumnya printer dengan sistem infus akan mudah sekali dalam melakukan pengisian tinta. Kita tidak perlu membongkar tutup printer karena tinta infus dipasang diluar printer.

Namun jika printer Anda tidak menggunakan sistem infus, sebaiknya hati-hati dalam pengisian tinta. Tidak baik jika kita suka mengisi tinta pada catridge terlalu penuh, karena bisa menimbulkan kebanjiran tinta dan catridge akan gampang jebol.

Sebaiknya Anda selalu menggunakan tinta original, harganya memang mahal namun bisa membuat catridge atau printhead tetap awet. Saat ini sudah banyak printer yang sudah menggunakan sistem infus dari pabriknya, misal Epson maupun Canon.

5. Printer jarang dirawat

Jika Anda pernah mengalami paper jam saat mencetak, ini biasanya disebabkan adanya sampah atau kotoran debu yang membuat roll penarik kertas macet. Atau karena ukuran kertas yang terlalu tebal. Untuk itu, selalu jaga kebersihan printer dengan cara melakukan cek secara berkala dan menjaga atau menjauhkan sampah dari sekitar printer.

Untuk urusan Jasa Service Printer di Bojonegoro, Anda bisa percayakan kepada ahlinya:

Toko Online Computer

Jl. Basuki Rahmat No. 10 Jambean, Sukorejo, Bojonegoro. Telp/wa:

http://wa.me/6285645242424

Sekian artikel dari Kang Iponk tentang jasa service printer di Bojonegoro yang bisa dibagikan kali ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya ke kangiponk.com, jika ada pertanyaan silahkan hubungi admin@kangiponk.com.