Cara Mengatasi HP Kena Air Touchscreen Tidak Bisa

By | Maret 30, 2020

Kang Iponk, Cara Memperbaiki HP Kena Air Touchscreen Tidak Bisa – Halo sobat, pernahkah Anda mengalami hp kena air touchscreen tidak bisa?, Jika sobat pernah mengalaminya lalu bingung cara memperbaikinya. Nah, artikel kali ini membahas tentang cara memperbaiki HP yang tidak bisa disentuh sama sekali setelah kena air. Simak yuk! pembahasan tentang hp kena air touchscreen tidak bisa berfungsi dibawah ini.

HP Kena Air Touchscreen Tidak Bisa
HP kena air touchscreen tidak bisa

Touch screen (layar sentuh) dalam smartphone termasuk komponen penting, dan tidak bisa dipisahkan dari segi kegunaannnya. Karena jika touchscreen error atau rusak otomatis smartphone Anda tidak bisa digunakan sama sekali.

Penyebab Touchscreen HP Tidak Berfungsi

Ada beberapa faktor yang bisa mengakibatkan touchscreen di HP tidak bisa berfungsi normal, di antaranya sebagai berikut:

1. Menggunakan charger KW (abal-abal)

Penggunaan charger yang bukan original sangat tidak direkomendasikan, karena bisa membuat HP Anda rusak. Charger KW punya aliran listrik yang tidak sesuai dengan HP Anda.

Hal ini bisa membuat touchscreen di hp loncat-loncat dan yang paling parah, tidak berfungsi sama sekali. Sebaiknya selalu gunakan charger ori agar HP tidak cepat rusak.

2. Masalah pada LCD

LCD yang bermasalah bisa menjadi salah satu penyebab mengapa touchscreen hp tidak berfungsi. Karena LCD adalah bagian penting di dalam hp masa kini. Jika rusak, kemungkinan touchscreen akan menunjukkan gejala error bahkan tidak berfungsi sama sekali.

3. Menggunakan tempered glass yang sangat tebal

Tempered glass memang bisa memberikan proteksi tambahan terhadap layar ponsel. Pasalnya, tempered glass memiliki material kaca yang tebal sehingga layar hp menjadi lebih aman.

Namun, jika tempered glass terlalu tebal dapat membuat touchscreen HP menjadi tidak sensitif, sehingga tidak dapat merespon sentuhan.

4. Terkena air hujan

Nah, ini yang sering dialami oleh para pengguna smartphone yang belum memiliki fitur anti air. Hal ini biasanya disebabkan ketidak sengajaan atau kecerobohan kita, hingga HP terkena air atau lebih parahnya terendam air.

Tentunya ini akan merusak komponen-komponen penting pada hp tersebut. Salah satunya adalah komponen touchscreen.

Lalu bagaimana jika HP Anda terlanjur terkena air, dan touchscreen tidak berfungsi?

Solusi HP Kena Air Touchscreen Tidak Bisa

Apabila touch screen hp Anda tidak berfungsi setelah terkena air, sebaiknya jangan panik sob! Karena ada beberapa cara untuk mengatasi touchscreen tidak berfungsi, diantaranya adalah:

1. Restart HP

Cara paling mudah yang dianjurkan saat hp terkena air adalah dengan melakukan restart. Restart hp berfungsi mematikan seluruh program yang berjalan di hp sehingga beberapa error ringan bisa diatasi dengan cepat. Salah satunya adalah error dimana touchscreen hp tidak berfungsi.

2. Lepas tempered glass

Karena tempered glass yang terlalu tebal bisa mengakibatkan kurangnya sensitivitas layar smartphone. Layar atau touchscreen yang tidak sensitif akan membuatnya tidak berfungsi. Maka, sebaiknya Anda bisa mencoba melepaskan tempered glass di HP.

3. Masuk ke Safe Mode

Touchscreen yang tidak berfungsi tentu membuat hp tidak bisa digunakan sama sekali. Langkah yang bisa Anda gunakan adalah dengan masuk ke Safe Mode. Safe Mode adalah fitur yang memungkinkan anda untuk menggunakan hp tanpa software apapun.

Safe Mode bisa diakses dengan menekan dan menahan tombol power (tergantung merk HP), hingga muncul pop-up opsi untuk pergi ke Safe Mode.

4. Lakukan kalibrasi touchscreen

Seperti halnya baterai, touchscreen juga perlu dikalibrasi untuk mengembalikan performa touchscreen. Kalibrasi touchscreen bisa anda lakukan ketika anda menemui masalah dimana touchscreen hp tidak berfungsi karena hujan.

Caranya cukup mudah, sobat cukup mengunduh aplikasi kalibrasi layar atau touchscreen di Google Play Store atau App Store. Jika menggunakan sistem operasi Android sobat bisa menggunakan aplikasi bernama “Touchscreen perbaikan”. Jalankan aplikasi tersebut kemudian lakukan tes kalibrasi. Setelah itu, restart smartphone Anda.

5. Keringkan HP

Sebelum air masuk ke dalam komponen-komponen penting hp Xiaomi, langkah yang harus anda lakukan adalah mengeringkan hp dan pastikan tidak ada lagi air yang terisa.

Cara ini dilakukan dengan tujuan menghindari air masuk ke dalam LCD yang dapat memperparah kondisi touchscreen yang error.

6. Masukkan HP ke dalam beras

Cara yang satu ini memang cara klasik, yakni memasukkan hp ke dalam beras. Karena beras punya kemampuan untuk menyerap partikel-partikel di dalam air sehingga proses pengeringan hp yang terkena air menjadi lebih cepat.

Untuk melakukan cara ini, sobat harus membongkar bagian-bagian hp terlebih dahulu agar beras mampu menyerap air di bodi hp dengan mudah.

7. Gunakan Silica Gel

Silica gel dapat menyelamatkan touchscreen di HP Anda yang terkena air. Kemampuan silica gel yang dapat menyerap kelembaban, efektif untuk membantu mengeringkan HP dari air yang masuk kedalamnya.

Sobat bisa gunakan 6-8 silica gel, agar touchscreen di HP yang terkena air bisa benar-benar kering.

8. Keluarkan baterai HP

Hp yang terkena air sangat membahayakan komponen-komponen yang ada didalam hp tersebut. Tak hanya touchscreen, sparepart hp lainnya juga rentan rusak.

Untuk mencegah kemungkinan buruk tersebut, keluarkan baterai hp Anda dan biarkan touchscreen dan hp mati selama beberapa saat.

Sobat juga bisa lihat video tutorial tentang mengatasi HP kena air dan touchscreen tidak bisa dibawah ini:

hp kena air touchscreen tidak bisa

Baca juga: Cara Mengatasi HP Baterai Tanam Kena Air

Akhir Kata

Sekian artikel dari Kang Iponk kali ini, tentang cara mengatasi hp kena air touchscreen tidak bisa, dimana HP yang terkena air memang cukup merepotkan dan sering kali membuat para penggunanya panik. Karena touchscreen di HP beresiko rusak dan tidak bisa berfungsi normal. Untuk itu sebaiknya gunakan smartphone Anda dengan hati-hati, dan gunakan pada tempatnya.

Jangan lupa share artikel ini agar orang lain terbantu dengan adanya informasi dalam artikel ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya ke kangiponk.com, jika ada pertanyaan silahkan hubungi admin@kangiponk.com. Sampai jumpa lagi di artikel-artikel Tips selanjutnya.