Cara Menghapus Malware/Virus di Windows 10 dengan Microsoft Defender

By | Agustus 12, 2021

Kang Iponk, Cara Menghapus Virus di Windows 10 – Anda menghadapi malware yang rumit dihilangkan di windows 10? Sebaiknya gunakan pemindaian Microsoft Defender Offline untuk menghapusnya selamanya virus tersebut.

cara menghapus virus di windows 10

Cara Menghapus Malware/Virus di Windows 10

Microsoft Defender adalah antivirus tangguh yang menyediakan berbagai fitur keamanan penting. Selain perlindungan antivirus standar, Microsoft Defender juga memberi Anda beberapa add-on yang cukup bagus yang tidak ada di perangkat lunak antivirus berperingkat teratas lainnya.

Kali ini kita akan melihat bagaimana cara pemindaian offline Microsoft Defender dan bagaimana Anda dapat menggunakannya untuk menghapus malware dari Windows 10.

Kapan Anda Harus Menggunakan Pemindaian Offline Microsoft Defender?

Microsoft merevolusi Microsoft Defender (sebelumnya Windows Defender) untuk Windows 10. Sekarang menjadi platform keamanan serbaguna mutakhir untuk pengguna Windows.

Pemindaian offline adalah di antara banyak fitur baru yang secara bertahap dimasukkan Microsoft ke dalam Microsoft Defender.

Kelebihan dari Microsoft Defender Offline

Teknis pemindaian microsoft defender offline adalah melakukan pemindaian dalam secara offline pada PC Anda. Scan virus offline ini mencari virus, trojan, dan malware lain yang mungkin tidak terdeteksi oleh perangkat lunak antivirus saat windows berjalan.

Sistem di komputer yang bersih, bebas dari program dan proses tambahan, memungkinkan Microsoft Defender memindai komputer, mendeteksi, dan menghapus malware berbahaya dengan benar.

Banyak malware berjalan di latar belakang, dan terkadang bahkan perangkat lunak antivirus terbaik pun gagal mendeteksi malware yang sangat tangguh dan menyusahkan. Rootkit yang bersembunyi selama proses boot dapat dideteksi dengan pemindaian offline juga.

Pemindaian Offline Microsoft Defender melakukan pekerjaan yang baik untuk menghapus malware dan melindungi data di PC Anda dari kerusakan yang lebih parah.

Cara Menggunakan Pemindaian Offline Microsoft Defender untuk Windows 10

Anda dapat memulai pemindaian offline di Windows 10 hanya dengan beberapa klik, tetapi seluruh pemindaian membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk menyelesaikannya.

Pastikan untuk menyimpan semua pekerjaan Anda yang belum disimpan dan file penting sebelum memulai pemindaian offline.

1. Mulai Pemindaian Offline Microsoft Defender Menggunakan Keamanan Windows

  • Cari Keamanan Windows di menu Start dan pilih yang paling cocok.
  • Arahkan ke Virus & perlindungan ancaman> Opsi pemindaian .
  • Pilih Pemindaian Offline Microsoft Defender dan klik Pindai sekarang.
  • Di kotak dialog yang muncul, klik Scan .
  • Mulai pemindaian Offline di Microsoft Defender

Windows 10 kemudian akan reboot, dan pemindaian malware offline akan dimulai selama proses boot. Layar Windows Defender Antivirus dan jendela Command Prompt akan menampilkan kemajuan pemindaian offline.

2. Mulai Pemindaian Offline Microsoft Defender Menggunakan PowerShell

PowerShell adalah kerangka kerja manajemen lintas platform yang dibangun ke dalam sistem operasi Windows. Anda dapat dengan mudah mengelola Microsoft Defender dengan PowerShell dan bahkan melakukan pemindaian offline hanya dengan satu perintah.

Jalankan Scan Offline melalui PowerShell

Berikut cara menggunakan PowerShell untuk melakukan pemindaian offline Microsoft Defender:

  • Masukkan windows PowerShell di bilah pencarian menu Start.
  • Klik kanan pada Windows PowerShell dan pilih Jalankan sebagai administrator.
  • Masukkan perintah berikut ke konsol PowerShell dan tekan Enter:
  • Start -MpWDOScan
  • Komputer Anda kemudian akan restart, dan pemindaian offline akan dilakukan.

Hasil Scan

Setelah Pertahanan Microsoft menyelesaikan pemindaian offline, Anda dapat melihat hasil pemindaian dengan membuka Keamanan Windows> Perlindungan virus & utas> Riwayat perlindungan .

Cara Menggunakan Pemindaian Malware Offline di Windows 7 / 8.1

Di Windows 7 dan Windows 8.1, proses menjalankan pemindaian offline sangat berbeda. Pertama-tama Anda harus mengunduh Windows Defender Offline, membuat USB atau CD / DVD yang dapat di -boot, lalu mem-boot alat Windows Defender pada PC Anda. Windows Defender Offline kemudian memindai PC untuk malware di sistem PC yang bersih.

Jalankan pemindaian malware offline di Windows 7 / 8.1 sebagai berikut:

  • Unduh utilitas Windows Defender Offline 32-bit atau 64-bit tergantung pada sistem Anda.
  • Jalankan setup dan buat media instalasi pada USB / CD / DVD.
  • Restart komputer Anda dan boot dari media yang Anda pilih. Windows Defender Offline sekarang akan memindai dan menghapus malware dari PC Anda.

Baca juga : Penyebab Laptop Error Saat Booting dan Cara Memperbaikinya

Hapus Malware dengan Microsoft Defender Offline

Microsoft Defender Offline adalah utilitas praktis yang menghapus malware persisten dari PC Anda. Ini berjalan di sistem komputer di mana malware tidak dapat bersembunyi di balik proses latar belakang atau program lain.

Gunakan Microsoft Defender Offline untuk melindungi PC Anda dari malware berbahaya yang dapat merusak data Anda dan agar PC Anda tidak lemot

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *