Cara Mengatasi HP Baterai Tanam Kena Air

By | Maret 5, 2020

Kang Iponk, Cara Mengatasi HP Baterai Tanam Kena Air – Pernahkah sobat mengalami HP baterai tanam kena air dan bingung mengatasinya? Jangan panik sob, jika sobat belum mengetahuinya dan penasaran, maka sudah tepat jika berkunjung di blog ini. Nah, artikel kali ini akan membahas tentang cara mengatasi HP baterai tanam yang korslet terkena air. Untuk lebih jelasnya sobat bisa baca artikel tentang cara mengatasi HP baterai tanam kena air dibawah ini hingga tuntas.

mengatasi HP kena air baterai tanam

Mengatasi HP Kena Air Baterai Tanam Agar Tidak Korslet

Bagi sobat yang memiliki ponsel dengan tipe baterai non – removable atau baterai tanam yang tidak bisa dicopot secara cepat karena tertutup rapat dengan baut pengikut di casingnya.

Berikut ini adalah cara cepat menangani agar HP tidak korslet dan rusak jika terkena air:

1. Matikan ponsel

Segera matikan ponsel jika terkena air, setelah HP dalam keadaan off, barulah coba untuk mengelap bagian luar yang terkena air dengan tisu kering atau kain halus.

Yang harus diperhatikan, ketika HP terkena air sebaiknya jangan di-charge terlebih dahulu meskipun baterainya habis. Pasalnya, ini untuk menghindari konsleting listrik yang bisa menyebabkan ponsel rusak lebih parah.

2. Membuka casing

Selanjutnya yang harus dilakukan adalah membuka casing belakang HP. Jika mengalami kesulitan membuka casingnya, bisa dengan membuka seluruh penutup seperti dudukan SIM, penutup port charger, headset, dan keluarkan memory card terlebih dulu.

Namun sebaiknya dilakukan dengan hati-hati, atau bisa melihat panduan tutorial di video Youtube.

3. Gunakan silica gel

Sejatinya benda elektronik sangat rentan rusak jika terkena air, karena itu penting agar segera mengeringkan ponsel secepatnya. Yakni dengan menyimpan ponsel bersamaan dengan silica gel yang berfungsi menyerap lembab dan air di dalam ponsel.

Cara ini cukup ampuh untuk membuang kadar air yang masih menempel di HP dan bisa menyebabkan korosi pada mesin ponsel.

4. Jangan gunakan hair dryer

Banyak sekali tutorial yang menganjurkan untuk memakai hair dryer ketika mengeringkan ponsel yang terkena air. Hair dryer memang bisa mengeringkan sesuatu dengan cepat.

Namun yang perlu diperhatikan adalah tidak semua komponen elektronik tahan dengan panas hair dryer, dikhawatirkan hal tersebut justru dapat merusak komponen yang ada di dalam ponsel.

5. Bersihkan dengan tiner

Air yang masuk ke dalam ponsel dapat mengakibatkan korosi (karat pada besi). Hal ini tentu bisa berpengaruh pada performa ponsel. Bersihkan mesin ponsel dengan menggunakan tiner secara perlahan. Gunakan sikat gigi atau kuas yang lembut untuk membersihkannya.

Pastikan jangan sampai terkena komponen yang vital saat membersihkan dengan tiner, seperti speaker dan lain-lain.

Untuk lebih jelasnya bisa lihat video tutorial berikut ini:

cara mengatasi HP baterai tanam kena air

Baca juga: Harga Komputer/PC Murah Rakitan 1 Jutaan

Penutup

Pastikan lakukan tips diatas dengan hati-hati, jika sekiranya sobat ragu sebaiknya bisa bawa langsung ke tempat servis HP yang sudah berpengalaman.

Sekian artikel dari Kang Iponk untuk hari ini, tentang Cara Mengatasi HP Baterai Tanam Kena Air, jadi sobat tidak usah panik jika mengalami kejadian seperti ini pada HP dengan jenis baterai tanam. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya ke Kangiponk.com, jika ada pertanyaan silahkan hubungi admin kangiponk@gmail.com, sampai jumpa lagi di artikel-artikel Tips berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *