Penyebab Laptop Error Saat Booting dan Cara Memperbaikinya

By | Maret 11, 2020

Kang Iponk, Penyebab Laptop Error Saat Booting dan Cara Memperbaikinya – Pernahkah sobat mengalami laptop error saat booting? Jika sobat mengalami kasus seperti ini dan bingung mengatasinya, maka sudah tepat jika berkunjung di blog sederhana ini. Karena artikel kali ini akan mengupas tentang beberapa penyebab dan cara memperbaiki laptop error saat booting. Untuk lebih jelasnya sobat bisa baca artikel tentang cara mengatasi laptop error saat booting dibawah ini hingga tuntas.

Laptop Error Saat Booting
Laptop Error Saat Booting

Kerusakan pada laptop yang sering dialami beberapa kawan adalah laptop tidak bisa booting dengan normal. Kondisi seperti ini, adalah saat laptop dinyalakan, namun sistem tidak mau masuk Windows, sehingga hanya stuck di logo saja. Contoh kerusakan pada saat booting adalah laptop waktu booting menampilkan pesan error, laptop booting namun kemudian muncul bluescreen, dan laptop waktu booting namun kemudian restart sendiri.

Penyebab Laptop Error Saat Booting

Banyak penyebab yang membuat laptop tidak bisa masuk windows dengan normal, antara lain adalah:

1. Sistem operasi tidak kompatibel

Hal ini bisa terjadi pada pengguna yang memakai hardware seri lama, dan tidak kompatibel dengan software atau Windows versi terbaru.

2. Kerusakan pada sistem

Kondisi seperti ini adalah dimana sistem banyak yang error atau tidak sengaja kita otak-atik hingga terjadi kerusakan.

3. Kerusakan hardware

Penyebab error saat booting juga bisa terjadi karena kerusakan komponen hardware. Seperti kerusakan pada harddisk, memory dan lain-lain.

4. Karena virus

Penyebab yang satu ini hampir selalu ada, yakni penggunaan internet yang tidak dimbangi dengan anti virus yang ampuh, maupun instalasi software yang terindikasi virus. Karena virus juga bisa merusak file-file sistem di dalam OS, hingga membuat laptop gagal membaca data, dan akhirnya terjadilah error saat booting.

Cara Memperbaiki Laptop Error Saat Booting

Setelah mengetahui penyebabnya, sobat sekarang bisa memperbaikinya seperti cara dibawah ini:

1. Melakukan sistem restore

Laptop Error Saat Booting(1)

Yaitu sebuah fitur yang sudah tersedia di Windows, memungkinkan kita bisa mengembalikan semua perubahan pada sistem sebelum kerusakan terjadi. Cara ini bisa dibilang sangat sangat efektif, karena semua kerusakan yang ada, bisa kita kembalikan sampai sistem jadi normal lagi.

Cara melakukan restore adalah:

  • Nyalakan Komputer Anda
  • Sesudah melewati layar BIOS
  • Tekan tombol F8 berulang-ulang
  • Maka nanti akan muncul opsi Boot.
  • Pada menu tersebut pilih Repair Your Computer
  • Cari dan buka Sistem Restore
  • Setelah itu tinggal pulihkan deh disana.

2. Masuk ke Safe Mode

Laptop Error Saat Booting(2)

Dengan fitur Safe Mode sobat bisa memasuki Windows, tanpa terdapat software atau driver tambahan yang berjalan. Berbeda dengan Windows yang biasa, fitus Safe Mode ini masih bisa kita buka, sekalipun laptop sedang mengalami error saat booting.

Untuk caranya hampir mirip dengan cara sebelumnya:

  • Nyalakan Komputer
  • Tekan tombol F8 berulang-ulang
  • Pada opsi boot pilih Safe Mode.
  • Kemudian tekan tombol Windows + R > Ketik CMD > Masukkan perintah %systemroot%system32restorerstrui.exe > Lalu klik Enter.
  • Nanti muncul aplikasi Windows System Restore > Kik pada Restore My Computer to an Earlier Time > klik Next > Sampai tampil kalender untuk melihat kondisi ketika sistem sedang berada dalam kondisi normal.

3. Scan menggunakan Antivirus

Laptop Error Saat Booting(3)

Jangan menganggap sepele jika laptop sobat mulai lemot dan terindikasi banyak virus didalamnya. Karena virus bisa membuat sistem rusak dan membuat error saat booting.

Cara mengatasinya, sobat bisa menggunakan Antivirus yang sudah diupdate, agar bisa mengenali jenis virus yang ada pada laptop sobat. Caranya sebagai berikut:

  • Masuk ke Safe Mode sama seperti sebelumnya.
  • Buka Antivirus kemudian lakukan Full Scan pada laptop sobat.

Dengan catatan pada laptop sobat sebelumnya harus sudah terinstall Antivirus. Kalau belum ada, sobat bisa coba install antivirus lewat Safe Mode jika bisa.

4. Install ulang Windows

Laptop Error Saat Booting(4)

Jika cara ketiga diatas belum berhasil, sobat bisa melakukan solusi ampuh lainnya, yakn dengan cara Install ulang. Karena dengan install ulang segala file yang corrup, sistem yang rusak, atau error bisa menjadi normal lagi.

Dengan cara install ulang ini sobat bisa gunakan untuk menghilangkan Virus yang ada dalam laptop. Namun pastikan data-data penting sudah terback-up semau sebelum memformat semua data di harddisk.

5. Periksa harddisk laptop

Laptop Error Saat Booting(5)

Apabila laptop sobat mengalami penurunan kinerja secara signifikan atau super lemot, bisa jadi harddisk mengalami kerusakan Bad Sector. Yakni kondisi dimana harddisk mengalami kerusakan di beberapa bagian, dan membuat data-data tertentu jadi tidak bisa terbaca dengan normal.

Indikasinya adalah laptop menjadi lemot jika dipakai menjalankan program. Hingga akhirnya bisa mengakibatkan laptop error saat booting.

Cara mengatasinya sobat bisa mengecek kondisi harddisknya dengan aplikasi HDD Tune atau Harddisk Sentinel. Jika memang sudah rusak, sebaiknya segera ganti dengan yang baru dan pindahkan dulu data-data penting sobat ke perangkat lain.

6. Periksa RAM /Memory

Laptop Error Saat Booting(6)

RAM /memory yang kotor terkena debu, longgar (tidak terpasang dengan benar), atau rusak, bisa membuat sistem tidak berjalan dengan normal saat dinyalakan.

Biasanya Ketika laptop dinyalakan indikasinya adalah tidak tampil gambar apa-apa (black screen), atau layar berwarna biru (blue screen).

Cara memperbaikinya adalah:

  • Bongkar laptop sobat > Lepas RAMnya
  • Bersihkan kuningan memakai penghapus sampai bersih dengan pelan-pelan agar tidak merusak komponen lainnya
  • Kemudian pasang kembali dengan benar, jika memang error ada pada memory kemungkinan sistem booting bakal berjalan dengan normal.

7. Error karena ‘No Bootable Device’

Laptop Error Saat Booting(7)

Hal ini biasanya disebabkan karena harddisk tidak terpasang dengan benar, atau pengaturan BIOS belum disetting dengan benar.

Tenang sob, untuk memperbaikinya, sobat harus memeriksa kondisi harddisk beserta pemasangannya. Lalu cek juga pada pengaturan BIOS, pastikan Boot Priority sudah disetting pada bagian harddisk di bagian sistem.

Sobat juga bisa lihat video tutorial dibawah ini sebagai referensi:

laptop error saat booting

Baca juga: Cara Mengatasi Printer Macet (Paper Jam) Canon iP2770

Penutup

Sekian artikel dari Kang Iponk untuk kali ini, tentang penyebab laptop error saat booting dan cara memperbaikinya, dimana gagal booting bukanlah kerusakan yang parah, siapapun bisa memperbaikinya asal tahu penyebabnya. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya ke Kangiponk.com, jika ada pertanyaan silahkan hubungi adminkangiponk@gmail.com. Sampai jumpa lagi di artikel-artikel Laptop berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *