Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Error

By | September 21, 2021

Kang Iponk, Cara memperbaiki keyboard laptop yang error – Keyboard adalah salah satu komponen penting dalam laptop, fungsinya antara lain adalah untuk mengetik email mengedit foto, menghitung jumlah, dan lain-lain.

Anda sering mengalami keyboard error saat mengerjakan tugas atau pekerjaan. Baca artikel kali ini tentang cara memperbaiki keyboard laptop yang error hingga tuntas.

Keyboard merupakan sebuah papan yang terdiri atas tombol-tombol seperti huruf alfabet (A-Z) untuk mengetikkan kalimat, juga terdapat angka 1 sampai 9, dan juga 0. Serta simbol-simbol khusus lainnya pada komputer. Dalam komputasi, papan tombol menggunakan susunan tombol atau kunci, untuk bertindak sebagai tuas mekanis atau sakelar elektronik. Wikipedia

Karena fungsinya yang sangat penting, tak jarang keyboard sering mengalami masalah atau error. Masalah pada keyboard antara lain hang (tidak bisa ditekan), gerak-gerak sendiri dan tidak sesuai tombol yang dipencet (ditekan huruf U yang keluar angka 4).

Kenali Penyebab Keyboard Error

Anda harus mengenali dulu apa penyebab yang membuat keyboard di laptop Anda sering error.

1. Masalah pada Hardware

Meskipun jarang terjadi, namun ini bisa karena faktor umur pada keyboard Anda. Biasanya soket atau bantalan keyboard yang sudah mulai longgar.

2. Penuh Debu

Debu adalah yang paling sering membuat keyboard error, karena debu di dalam bisa membuat bantalan keyboard tidak bisa berjalan lancar/macet. Atau sisa makanan yang jatuh di sela-sela keyboard juga bisa mengakibatkan sebagian keyboard menjadi tidak berfungsi.

3. Tekena air

Bagi Anda yang sering bekerja lembur dengan laptop, meminum kopi atau air tentu tak bisa dihindarkan. Nah, cipratan air ini bisa membuat bagian dalam keyboard rusak. Sebaiknya hindari minum air atau kopi terlaqlu dekat dengan laptop Anda.

4. Masalah pada Software

Hal ini bisa terjadi jika laptop Anda terkena virus atau baru saja diinstall ulang, driver keyboard tidak kompatibel/cocok dengan tipe laptop Anda. Untuk mengatasinya Anda bisa download driver di situs resmi sesuai tipe laptop Anda.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Error

Berikut ini adalah beberapa cara memperbaiki keyboard laptop yang error yang bisa Anda coba :

1. Restart Laptop

Cara ini paling mudah dilakukan, apabila keyboard tidak berfungsi/hang, solusi termudah adalah dengan restart laptop Anda. Karena penyebab keyoard error bisa dikarenakan banyak aplikasi yang berjalan di laptop Anda sehingga laptop menjadi lemot atau hang.

Apabila laptop tidak merespon saat di-restart, Anda bisa menekan tombol power agak lama selama beberapa detik. Namun, jangan terlalu memakai cara ini karena bisa mengakibatkan harddisk Anda rusak.

2. Cek Fungsi Num Lock

Keyboard error bisa diakibatkan karena fitur Num Lock telah aktif, sehingga tombol huruf apabila ditekan akan menjadi angka.

Cara mematikan fitur Num Lock adalah dengan menekan tombol “Fn” dan “NumLock” bersamaan di keyboard.

3. Cek Driver Keyboard

Penyebab keyboard laptop tidak berfungsi selanjutnya bisa terjadi karena error pada driver keyboardnya. Biasanya terjadi saat menginstall ulang laptop atau terdapat virus pada laptop Anda.

Langkah selanjutnya, Anda dapat mengeceknya di Device Manager pada bagian Keyboard. Jika terdapat indikator segitiga kuning, berarti itu tanda driver keyboard belum terinstall. Pada windows 10 Anda cukup klik kanan pada tanda tersebut dan klik Update Driver Software.

Pastikan Anda terhubung dengan internet, atau bisa download dan install driver terbaru di website resmi sesuai tipe laptop.

4. Cek Pengaturan Keyboard

Keyboard laptop sering error, Anda harus cek pada menu pengaturan keyboard. Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Pilih Start Menu, lalu pilih Control Panel
  • Kemudian pilih Ease of Access
  • Klik tombol Make the keyboard easier to use
  • Kemudian klik set up filter key dan pilih Uncheck All
  • Lalu cek kembali apakah keyboard sudah berfungsi dengan normal. Jika masih error, nonaktifkan setting Sticky Keys pada menu di atas.

5. Cek Kotoran dan Debu

Pasalnya, penyebab keyboard error pada laptop yang paling sering adalah adanya debu dan kotoran. Anda bisa membersihkan debu di keyboard dengan cara di bawah ini :

  • Pastikan laptop atau komputer dalam keadaan mati
  • Miringkan laptop pada posisi 90 derajat dengan tujuan agar lebih memudahkan kamu untuk membersihkan debu
  • Pada posisi miring tersebut, goyang-goyang kan laptopmu agar debu atau sisa makanan yang ada pada sela-sela keyboard jatuh
  • Bersihkan bagian sela-sela dan bawah keyboard dengan selotip
  • Lakukan secara berulang sampai keyboard benar-benar bersih dari kotoran dan debu yang tebal

Atau jika belum bisa Anda bisa dengan mencopot tombol-tombolnya dan bersihkan papan sirkuitnya dengan menggunakan kain halus atau cotton buds yang telah diberi sedikit alkohol. Namun cara ini membutuhkan keahlian khusus.

6. Ganti Layout Keyboard

Penyebab error pada keyboard bisa terjadi karena layout-nya, hal ini bisa menyebabkan keyboard masih berfungsi sebagian, tetapi huruf yang ditekan tidak sesuai dengan yang muncul pada layar

Cara memperbaiki keyboard laptop yang error pada settingan layout seperti di bawah ini:

  • Klik Start Menu
  • Searching “Language” pada kolom pencarian
  • Pilih bahasa yang ingin kamu gunakan
  • Pilih Options, kemudian pastikan tulisan “US QWERTY” terletak di bagian bawah Keyboards pada halaman berikutnya
  • Hapus layout keyboard yang tidak diperlukan

7. Gunakan On Screen Keyboard

Apabila memang urgent ingin menggunakan keyboard untuk bekerja, Anda bisa menggunakan fitur On Screen keyboard pada laptop. Caranya sebagai berikut :

  • Pilih Start Menu > Program > Accessories > Accessibility, lalu pilih On Screen Keyboard.

Mungkin pemakaiannya tidak senyaman dan sefleksibel keyboard asli, tetapi fitur ini cukup menjadi solusi untuk keadaan terdesak di kala keyboard laptop sedang tidak bisa digunakan.

8. Gunakan Keyboard USB

Selain menggunakan fitur On Screen keyboard, Anda juga bisa menggunakan keyboard USB sebagai solusinya. Cukup menyambungkan keyboard USB ke laptop, maka keyboard portable pun sudah bisa Anda gunakan sebagai pengganti keyboard laptop bawaan yang rusak.

9. Bawa ke Service Laptop

Cara memperbaiki keyboard laptop yang error terakhir adalah dengan membawanya ke jasa servise laptop/service center. Karena jenis laptop sekarang banyak yang menggunakan keyboard tanam, sehingga dibutuhkan keahlian khusus untuk menggantinya.

Banyak kejadian orang yang ingin mengganti keyboard sendiri, namun yang terjadi malah laptop menjadi matot (mati total). Dengan dibawa pada jasa servis laptop yang sudah berpengalaman, keyboard laptop Anda akan berfungsi normal kembali.

Baca juga : Cara Memperbaikі Laptop atau Komputer yang Mati Tiba-tiba

Ringkasan

Itulah beberapa cara memperbaiki keyboard laptop yang error, untuk menjaga agar keyboard laptop Anda awet pastikan selalu membersihkan keyboard secara teratur. Agar debu dan kotoran tidak menempel.