Cara Agar Terhindar Penipuan Jual Beli Online

By | Agustus 6, 2020

Kang Iponk, Cara Agar Terhindar Penipuan Jual Beli Online – Beberapa hari ini saya perhatikan makin hari makin banyak orang yang ditipu oleh oknum yang nggak bertanggung jawab di jual beli online. Kebanyakan dari mereka tertipu saat transaksi karena tidak melakukan Rekber (Rekening Bersama).

Terhindar Penipuan Jual Beli Online

Tak ayal, peluang inilah yang dimanfaatkan penjual yang “nakal” untuk mengelabui korbannya. Dan rata-rata para korban jual beli online ini adalah mereka yang pertama kali melakukan transaksi via online.

Penipuan Jual Beli Online
Penipuan Jual Beli Online

Apa itu Rekber?

Rekber atau Rekening Bersama adalah jasa perantara antara penjual dan pembeli yang tidak dapat melakukan transaksi secara langsung (bertatap muka/COD). Begitu pentingnya menggunakan jasa rekber dalam transaksi jual-beli online adalah untuk meminimalisir adanya penipuan yang semakin marak terjadi dalam transaksi online.

Berdasarkan data dari Cybercrime Polri menunjukkan ada miliaran rupiah hilang setiap bulannya karena menjadi sasaran para pelaku kejahatan transaksi online.

Itulah sebabnya Anda perlu waspada terhadap penipuan yang bisa saja terjadi melalui jual beli online. Berikut ini adalah cara transaksi online yang aman.

1. Cek Profilnya

Hindari transaksi dengan akun yang nggak jelas. Misal foto profil anime, pohon, Donald Trump, dan foto cewek cantik/sexy hasil nyomot dari internet. karena dikhawatirkan akun tersebut pernah melakukan penipuan dengan menggunakan akun lain.

Cara untuk mengecek profilny di FB adalah masuk ke kolom pencarian Facebook, ketik nama akunnya. Kalau sebelumnya orang itu pernah melakukan penipuan, pasti ada jejak digital yang tertinggal. Selain itu juga bisa mencari di kolom pencarian grup, caranya sama.

2. Melihat Testimoni atau Ulasan Pembeli

Cara ini cukup efektif dengan melihat ulasan dari pembeli sebelumnya. Pasalanya, ini dapat menjadi pegangan untuk mengetahui kredibilitas online shop tersebut.

Hal ini dilakukan agar konsumen baru dapat memastikan penjual yang akan berurusan dengan tanpa ada masalah. Namun, yang perlu dicatat saat ini Anda juga tidak boleh terlalu percaya dengan ulasan yang diberikan.

Karena, bisa saja perusahaan tersebut membuat ulasan palsu seakan-akan pembeli puas dengan barang yang dijual. Jika hal itu terjadi, perhatikan gaya tulisannya. Ulasan yang terlalu berlebihan perlu diwaspadai.

3. Gunakan Jasa RekBer yang Terpercaya

Cara aman transaksi jual beli online adalah selalu gunakan jasa rekber. Karena sebelum transaksi dilakukan, seller dan buyer diwajibkan menyetor foto KTP.

Meskipun banyak yang skeptis takut data KTP disalah gunakan, tapi syarat ini berguna kalau nantinya terjadi sesuatu yang tidak diinginkan seperti akun di-take back, akun bermasalah, dll. Jadi pembeli bisa membuat laporan hukum menggunakan data tersebut.

Ajaklah penjual untuk menggunakan rekening bersama. Jika ia tidak bersedia, maka sebaiknya batalkan transaksi Anda. Sistem semacam ini, misalnya berlaku di Tokopedia, Shopee, BukaLapak dan juga forum jual beli KasKus.

4. Cek Nomor Rekening di Website

Sebelum transaksi Anda lakukan, sebaiknya cek dulu nomor rekening penjual di website cekrekening.id atau kredibel.co.id. Dua situs ini merangkum semua nomor rekening bermasalah yang sebelumnya pernah melakukan penipuan.

Jadi dipastikan nomor rekening yang bermasalah atau pernah melakukan penipuan, data atau jejak digitalnya akan terekam.

5. Cek Harga

Jangan mudah tergiur dengan diskon, promo, atau dengan barang yang murah. Periksa kembali harga resmi dari barang yang Anda incar di situs jual-beli lainnya.

Anda harus waspada jika potongan harganya terlalu tinggi. Jangan mudah percaya juga dengan penjual yang memberikan embel-embel barang black market, lolos bea cukai, dan sejenisnya. Karena, selain berpotensi sebagai tindak penipuan, Anda juga akan dirugikan dengan membeli barang tidak resmi.

Baca juga: Cara Mengatasi HP Baterai Tanam Kena Air

Kesimpulan

Nah, itulah cara agar terhindar penipuan jual beli online, dengan memperhatikan tips di atas, semoga Anda bisa terhindar dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Jangan lupa share artikel ini agar orang lain terbantu dengan adanya informasi dalam artikel ini. Semoga bermanfaat, sampai jumpa lagi di artikel-artikel Tips selanjutnya.